cara mengemudi mobil manual dengan cepat
Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol
- Pasang tali / sabuk pengaman
- Putar kunci untuk menghidupkan mesin
- Turunkan Rem Tangan
- Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1
- Angkat kopling pelan2
- sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak
- Injak kopling habis
- Angkat gas
- Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki
- Tempel gas
- Angkat kaki dari kopling pelan2
- Angkat gas
- Injak kopling habis
- Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki
- Angkat kopling pelan2
- Injak gas pelan2, sampai jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya
- Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengkat gas saja
- Injak rem pelan2 sampai terasa mobil berhenti
- Injak kopling habis
- Pindahkan gigi ke gigi 0
- Angkat rem tangan
- Injak kopling habis
- Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
- Pindahkan gigi ke gigi 1
- Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
- Injak kopling habis
- Tempelkan kaki di rem
- Pindahkan gigi ke gigi 1
- Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
- Tempel kaki di gas. Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem). Jalankan mobil merayap: Angkat kopling sekuku. Dengan posisi ini mobil akan berjalan merayap
cara mengemudikan mobil manual di tanjakan dan macet
Pertama jika keadaan lalulintas sedang macet total lebih baik anda mengangkat rem tangan jika rem tangan tidak berfungsi anda pencet rem saja di saat lalu lintas mulai bergerak inilah yg paling ditakutkan oleh semua orang yg baru saja bisa mengendarai mobil karena jika mobilnya mati otomatis mobil tsb akan mundur dan menabrak mobil yg di belakangnya caranya agar mobil anda tidak mati anda harus mengombinasikan gas dengan kopling.
yg di maksud dengan kombinasi kmbinasi adalah persatuan antara gas dan kopling caranya anda harus menginjak gas setengah dan kopling setengah.
jangan sekali kali anda berpindah dari gas ke rem itu bisa sangat berbahaya, dalam kombinasi anggap saja rem anda tidak berfungsi atu putus.
dalam kombinasi antara gas dan rem itu sangat sulit dikarenakan suara mesin yg cukup keras di dalam kombinasi
dua hal yg tidak boleh anda lupakan kaki anda tidak boleh lemah dan pandangan anda harus ke depan,
dalam kombinasi mobil anda bisa saja jalan jadi anda harus menjaga jarak dengan mobil depan anda jika mobil mobil di depan anda jalan anda harus ikut jalan
caranya kombinasi tadi jangan di lepas anda harus menaikan gas dan anda harus melepas kopling secara perlahan perhatikan depan jika jarak terlalu dekat dengan depan injak kopling lakukan kombinasi kembali.
jika gas dan kopling dikomindasikan mobil tidak akan jalan malah berhenti karena kombinasi gas dan kopling akan menjadi rem jika anda ingin mobil anda jalan anda harus mengangkat kopling secara perlahan jikalu mobil anda tidak jalan anda harus gas mobil anda secara perlahan juga
jika anda tidak bisa juga mengombinasikan gas dan kopling lebih baik anda harus menggunakan rem tangan jika mobil di depan anda jalan anda harus injak kopling masukan perseneling ke satu injak gas dan angkat rem tangan, dan gas secara kuat lepas (jika anda tlah melepaskopling secara setengah anda harus melepas rem tangan secar langsung jika tidak anda lepas mobil akan mati )