.

1 Jun 2013

legenda telaga warna


Legenda Telaga Warna
Legenda Telaga Warna
Legenda Telaga Warna
Legenda Telaga Warna –Berikut adalah Legenda Telaga Warna yang patut di baca. Asal usul Legenda Telaga Warna di Jawa Barat, dulu ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Kutatangeuhan. Rakyat kerajaan ini hidup tenang, makmur, dan sejahtera. Karena, Raja Kutatangeuhan, yaitu Prabu Suwartalaya dan Ratu Purbamanah, sangatlah bijaksana. Semuanya, berjalan dalam damai, tanpa kurang suatu apapun.
Sayangnya hanya satu. Raja dan ratu belum dikaruniai seorang anak. Sehingga, ini menjadi kegelisahan keduanya. Penasihat raja menyarankan agar mereka mengangkat anak. Namun, raja dan ratu Kutatangeuhan tidak menyetujuinya.
“Kami merasa lebih baik memiliki anak sendiri daripada memiliki anak angkat,” jawab mereka mengenai usulan sang penasihat.
Kegelisahan ini membuat ratu sering menangis sendirian. Sang raja pun ikutan sedih melihat istrinya menangis terus-menerus. Karena itu, dia memutuskan pergi ke hutan untuk bertapa untuk berdoa supaya dikaruniai anak. Berbulan-bulan lamanya sang raja berdoa. Pada akhirnya, doa itu dikabulkan oleh Sang Maha Pencipta. Ratu pun hamil.
Tak hanya keluarga istana yang berbahagia, rakyat Ketatangeuhan turut berbahagia mendengar kabar tersebut. Mereka membanjiri istana dengan hadiah-hadiah untuk menyambut kedatangan anak pemimpin mereka. Ketika lahir, anak itu diberi nama Gilang Rukmini. Bocah perempuan itu lahir sebagai anak yang lucu, manis, dan menggemaskan.
Sayangnya, Gilang Rukmini tidak diasuh secara baik oleh raja dan ratu. Gilang pun tumbuh menjadi gadis yang manja dengan sifat-sifat yang kurang baik. Dia tak segan berkata kasar untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Walaupun begitu, baik raja, ratu, dan rakyat sangat mencintainya.  Pada usianya 17 tahun, Prabu Suwartalaya hendak menghadiahi putrinya kalung. Dia mengambil emas dan permata ke pandai perhiasan.
Pada hari ulang tahun sang putri, Prabu Suwartalaya pun berkata, “Putriku tercinta, hari ini adalah ulang tahunmu yang ke-17. Aku akan  memberikan kalung ini untukmu. Pakailah kalung ini, Nak.”
Gilang Rukmini melihat kalung itu sekilas, lalu menampiknya. Kalung yang dibuat dengan cinta itu terburai ke mana-mana di lantai. “Kalung apa ini? Kalung jelek!” seru Gilang Rukmini.
Penolakan itu sungguh mengejutkan. Tak seorang pun menduga putri raja akan berbuat seperti itu. Semua hening. Tiba-tiba Ratu Purbamanah menangis melihat perilaku putrinya. Rakyatnya pun mengikuti menangis melihat ratunya menangis. Akhirnya, semua pun  meneteskan air mata, hingga istana basah oleh air mata mereka.
Dari dalam tanah keluar juga air deras yang makin lama makin banyak. Kerajaan Ketatangeuhan pun tenggelam. Kemudian, terciptalah sebuah danau yang sangat indah (Telaga Warna).
Nama telaga itu kini dikenal orang: Telaga Warna. Warna itu berasal dari bayangan hutan, tanaman, bunga-bunga, dan langit di sekitar telaga. Namun, orang mengatakan, warna-warna itu berasal dari kalung Putri Gilang Rukmini yang tersebar di dasar telaga.
Demikian artikel tentang sejarah asal usul Legenda Telaga Warna, semoga bermanfaat bagi info sejarah Anda lebih banyak lagi. Penelusuran yang terkait dengan Legenda Telaga Warna
telaga warna dieng, sejarah telaga warna, telaga warna gunung dieng, misteri telaga warna, cerita rakyat telaga warna, kawah telaga warna, sejarah telaga warna wonosobo, asal usul telaga warna

Legenda Telaga Warna

cerita rakyat asal usul bunga bangkai, peta jalan telaga warna cibubur, cerita rakyat sulawesi bahasa inggris dan terjemahannya, air terjun di utara nganjuk telaga, legenda telaga warna dalam bahasa inggris dan artinya, legenda telaga warna dalam bhs inggris dan artinya, makam kermat di telaga mejer wonosobo, naskah drama cerita rakyat, primbon: kejayaan ayam menurut warna, rangkuman cerpen, Sejarah pariwisata Tlaga menjer wonosobo, talaga warna versi sunda, tarif masuk telaga warna(puncak bogor), Telaga bidadari bogor, telaga warna bandung, telaga warna jawa barat, tempat wisata telaga warna jawa timur, jam buka telaga warna cibubur, harga tiket telaga warna, gambar-gambar cerita talaga wArna, cerita bahasa singkat inggris pergi, cerita dewasa misteri hotel utara, cerita legenda di daerah sleman, cerita legenda telaga wurung, cerita legenda telaga wurung magetan, cerita pendek telaga warna, cerita rakyat asal usul telaga biru, cerita rakyat dalam bahasa terjemahan batak toba, Cerita rakyat telaga warna dalam bentuk dialog, cerita rakyat telaga warna versi basa jawa