1 Okt 2013

Sisi kegaiban pusaka

sisi kegaiban dan tuah keris tombak dll adalah sesuatu yang menyatu dan ada di dalam sebuah keris. Kita hanya perlu untuk menjaga hubungan batin dan penyatuan keris dengan kita sebagai pemiliknya, karena keris itu "hidup" dan bisa menjadi "teman perjalanan" kita.
Jadikanlah mereka sebagai teman dari alam gaib. Dengan demikian kita juga dituntut untuk menjadi teman bagi mereka, diharapkan kita juga memperhatikan mereka dan bisa secara batin berinteraksi dengan mereka, jangan hanya sekedar menginginkan tuahnya saja, mengharapkan mereka bekerja seperti pesugihan.
Jangan mengkondisikan hati dan pikiran kita untuk bergantung kepada tuah mereka. Tuah dari khodam atau benda gaib adalah sesuatu yang intrinsik ada dari keberadaan mereka, kita hanya perlu mengsugesti mereka saja untuk memberikan tuahnya, sama seperti seorang teman yang memberikan bantuan dan perhatiannya kepada kita. Sesudahnya kita tidak perlu bergantung kepada tuah mereka. Karena seharusnya yang bekerja, yang sakti, yang ampuh bertuah adalah kita sendiri, mereka hanya membantu melengkapi kekurangan kita, jangan malah kita yang bergantung kepada tuah mereka.
Jangan kita pasif menunggu dan berharap mereka akan bekerja sendiri memberikan tuahnya seolah-olah tuah mereka sama dengan tuah pesugihan. Jadi kita sendiri harus tetap bekerja. Mereka bersifat membantu kelancaran dan keberhasilan usaha dan pekerjaan kita dan membantu menjauhkan kita dari kesulitan. Di sisi lain kita tetap harus dekat secara batin dan mengsugesti supaya khodam  kita membantu kelancaran dan keberhasilan semua pekerjaan dan usaha kita. Kita sendiri harus selalu bisa peka rasa untuk selalu bisa "mendengarkan" bisikan dari mereka dalam bentuk ide dan ilham yang mengalir di pikiran kita (dan mimpi) dan tanggap firasat, peka sasmita, dan waspada jangan sampai kita sendiri yang masuk ke dalam kesulitan.