.

.

9 Mar 2014

Makna keris pamengkang jagad


Pada jaman sekarang ada ditemukan keris-keris yang memiliki retakan atau lubang memanjang di badan kerisnya, umumnya terjadi pada jenis keris lurus, tetapi ada juga yang terjadi pada keris ber-luk. Retakan atau lubang memanjang itu terjadi secara alami, bukan dengan sengaja dibuat. Secara umum di kalangan perkerisan, keris-keris tersebut sering dikatakan sebagai keris cacat, keris yang tidak sempurna proses pembuatan / penempaan logamnya atau tidak berkualitas. Ada juga yang menganggapnya sebagai keris yang tidak baik, yang akan memberikan pengaruh gaib yang tidak baik.Keris-keris yang memiliki retakan atau lubang memanjang di badan kerisnya secara teknis memang termasuk keris yang tidak sempurna penggarapannya, walaupun penyebab retakan atau lubang memanjang itu belum diketahui pasti penyebabnya. Tetapi apakah keris-keris itu adalah keris yang tidak baik, yang akan memberikan pengaruh gaib yang tidak baik, pendapat itu masih harus dikaji dan dibuktikan.
Penulis pernah menemukan beberapa jenis keris tersebut, termasuk ada juga keris milik seorang pembaca,
Penulis pernah menemukan beberapa jenis keris tersebut, termasuk ada juga keris milik seorang pembaca, yang memiliki retakan atau lubang memanjang di badan kerisnya, tetapi Penulis tidak menemukan adanya indikasi pengaruh gaib negatif dari adanya retakan atau lubang memanjang di badan keris.

Retakan atau lubang memanjang di badan keris itu ada 2 macamnya :1. Retakan atau lubang memanjang yang bentuknya memanjang, berlekuk atau bergelombang mengikuti
    bentuk terpisahnya lapisan logam kerisnya.2.
Retakan atau lubang memanjang di badan keris itu ada 2 macamnya :1. Retakan atau lubang memanjang yang bentuknya memanjang, berlekuk atau bergelombang mengikuti    bentuk terpisahnya lapisan logam kerisnya.2. Retakan atau lubang memanjang yang bentuknya tidak memanjang, berlekuk atau bergelombang mengikuti
    bentuk terpisahnya lapisan logam kerisnya, tetapi berbentuk lurus dan garisnya tegas.    bentuk terpisahnya lapisan logam kerisnya, tetapi berbentuk lurus dan garisnya tegas. Bentuk retakan atau    lubang memanjangnya ini seperti besi keris yang megar atau membelah, biasanya terjadi pada jenis keris    lurus.
Pada kategori yang pertama, yang retakan atau lubang memanjang pada badan kerisnya bentuknya memanjang, berlekuk atau bergelombang mengikuti bentuk terpisahnya lapisan logam kerisnya, secara umum kondisi ini disebut Pegat Waja.  Dari adanya retakan atau lubang memanjang di badan keris tersebut Penulis tidak menemukan adanya indikasi pengaruh gaib yang negatif. Penulis juga tidak menemukan adanya indikasi pengaruh yang sifatnya melemahkan atau memperkuat tuah atau kekuatan gaib kerisnya. Kondisinya sama seperti jika keris itu utuh, tidak retak atau berlubang.
Pada kategori yang kedua, yang retakan atau lubang memanjang pada badan kerisnya bentuknya tidak memanjang, berlekuk atau bergelombang mengikuti bentuk terpisahnya lapisan logam kerisnya, tetapi berbentuk lurus dan garisnya tegas. Bentuk retakan atau lubang memanjangnya ini seperti besi keris yang megar atau membelah, biasanya terjadi pada jenis keris lurus.
Pada kategori yang kedua, dari adanya retakan atau lubang memanjang di badan keris tersebut Penulis juga tidak menemukan adanya indikasi pengaruh gaib yang negatif. Penulis juga tidak menemukan adanya indikasi pengaruh yang sifatnya melemahkan tuah atau kekuatan gaib kerisnya.
Pada kategori yang kedua di atas yang Penulis temukan indikasinya adalah adanya retakan dan lubang memanjang di badan keris itu justru menambah keras karakter gaibnya dan menambah kuat tuahnya. Keris yang memiliki garis retakan lurus atau lubang memanjang di badan kerisnya itu memberikan tuah yang lebih kuat daripada keris lain yang sejenis yang tidak mempunyai retakan atau lubang memanjang di badan kerisnya. Apakah itu kebetulan saja, Penulis juga tidak tahu. Fakta itu saja yang Penulis temukan.Dalam kategori kedua di atas, keris-keris bertuah kerejekian dan kesepuhan yang memiliki retakan lurus atau lubang memanjang di badan kerisnya, ada yang menyebut keris-keris tersebut sebagai  Keris Combong  dan dianggap ampuh untuk pengasihan atau pelet. Tetapi sebenarnya Keris Combong itu bukan hanya kuat tuahnya untuk pengasihan / pelet, tetapi juga tuah-tuah aslinya yang lain, seperti tuah kerejekian dan kesepuhan, ataupun tuah lain yang terkandung di dalamnya, juga menjadi lebih kuat pengaruhnya daripada kondisi aslinya sebelum menjadi Keris Combong. Yang umum dirasakan oleh orang-orang pemiliknya adalah keris-keris tersebut dapat mengangkat kerejekiannya yang mengantarkannya pada kekayaan dan kepangkatan yang tinggi (junjung derajat), membantu dalam pergaulan dan memudahkannya untuk mencari pasangan, dengan syarat si pemilik kerisnya aktif menunjukkan penyatuannya dengan kerisnya.Dalam kategori kedua di atas, keris-keris bertuah kesaktian, kekuasaan dan wibawa, yang memiliki garis retakan lurus atau lubang memanjang di badan kerisnya, ada yang menyebut keris-keris tersebut sebagai  Keris Pamengkang Jagad.  Keris-keris tersebut lebih kuat tuahnya daripada kondisi aslinya sebelum adanya retakan atau lubang di badan kerisnya. Banyak pemilik keris tersebut yang telah merasakan keampuhan tuahnya, sehingga keris-keris tersebut dianggapnya sebagai keris yang pilih tanding, tuahnya dianggap tiada bandingannya, dan tidak akan dijualnya berapa pun harganya, karena sesuai fungsi tuahnya, keris-keris tersebut sudah dirasakan ampuh mengangkat derajat dan kepangkatan pemiliknya (junjung derajat), menaikkan karisma wibawanya, dan mengamankan posisinya dari gangguan orang lain  (termasuk bila ada tuntutan / dakwaan),  dengan syarat si pemilik kerisnya aktif menunjukkan penyatuannya dengan kerisnya.

 tidak  adanya indikasi pengaruh gaib negatif dengan adanya garis retakan atau lubang memanjang di badan keris tersebut, tetapi pada kasus kejadian di atas, pada kategori kedua, adanya retakan dan lubang memanjang di badan keris itu justru menambah keras karakter gaibnya dan menambah kuat tuahnya.