28 Apr 2014

Candi Purba Ditemukan di Rumah Pendeta


Batu-batu padas yang ditemukan di rumah pendeta Hindu di Jalan Trengguli, Penatih, Denpasar ini diperkirakan bagian dari struktur candi purbakala peninggalan abad ke-14.

Sebuah struktur candi purbakala ditemukan di halaman rumah pendeta Hindu Ida Resi Bujangga Wesnawa Ganda Kesuma di Jalan Trengguli Gang IV D, Penatih, Denpasar. Tim peneliti dari Balai Arkeolog Denpasar memperkirakan struktur candi ini telah ada sejak abad 14.

Temuan ini berawal saat pemilik rumah hendak membuat resapan air. Saat digali, para pekerja menemukan 21 batu padas berbentuk balok tertimbun di dalam tanah. "Dua bulan lalu digali, terus nemu batu paras besar dan aneh. Baru tanggal 14 oktober kemarin anak saya melapor ke Balai Arkeolog," ujar Ida Resi Bujangga, saat ditemui di rumahnya, Selasa (23/10/2012) sore.

Setelah menerima laporan ini, pada tanggal 18 Oktober tim dari Balai Arkeolog Denpasar melakukan penelitian ke lokasi penemuan. Setelah melakukan penggalian hingga sebelas meter ditemukan susunan batu-batu padas berbentuk balok berukuran sekitar 1,2 meter.

"Temuan berupa batu-batuan padas berbentuk balok tersebut merupakan temuan langka dan pertama kalinya ditemukan di Bali, mengingat ukuran dasar candi tersebut terbuat dari batu padas berukuran besar," ujar Ketua Tim Peneliti dari Balai Arkeologi Denpasar Wayan Suantika di lokasi. Tim peneliti yang berjumlah 12 orang terus melakukan penggalian untuk mencari susunan struktur candi yang diperkirakan berada di beberapa bagian halaman rumah tersebut.