24 Apr 2014

Misteri 5 Situs Keramat di Bekasi



Tempat keramat adalah tempat yang dipercayai menjadi tempat tinggal makhluk halus tempat tersebut dan juga mempunyai latar belakang sejarah dari sebuah lingkungan atau wilayahnya. Di tempat keramat inilah kerap masyarakat ada yang sampai melakukan ritual/sesajen untuk meminta-minta bahkan biasa dikatakan melakukan pemujaan.
Di Bekasi Sendiri ada beberapa tempat atau situs keramat yang banyak di kunjungi masyarakat Bekasi dan sekitarnya, untuk sekedar berziarah atau melaukan ritual. inilah beberapa situs keramat di Bekasi.

1. Keramat Cijengkol – Situs yang berada di Desa Cijengkol, Kecamatan Setu ini diyakini sebagai petilasan Sunan Gunung Jati. Konon kawasan tersebut juga angker sehingga sering digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar acara televisi bertema mistis.
2. Keramat Batok - merupakan makam ulama sekaligus pejuang bernama Gabid. Tahun 1850-an ia dan pasukannya terdesak sehingga terpaksa melarikan diri ke hutan belantara. Di tempat tersebut sang pemimpin menemukan gubuk tua. Di dalamnya terdapat peralatan makan yang terbuat dari batok atau tempurung kelapa. Setiap tanggal 10 Muharram, masyarakat yang tinggal di sekitar Kramat Batok mengadakan tasyakuran. terletak di Desa Jaya Bakti Kab.Bekasi.
3. Keramat Mbah Raden – Tempat ini sangat dikeramatkan oleh penduduk daerah Kranggan Pondok Gede. Disini dimakamkan seorang bangsawan Banten adik seperguruan dari Pangeran Sa’uf yang sepadepokan dengan putera Sultan Banten Syeh Maulana Mansyur.
4. Makam Nyi ratu mayangsari - Merupakan keramat yang menjadi cikal bakal desa Bojongsari, yang merupakan putri dari kerajaan sumedanglarang, makam keramat tersebut manjadi salah satu daya tarik warga untuk berjiarah, ke makam yang terletak satu komplek dengan tempat pemakaman umum bojongsari.
5. Keramat Sumur Binong – sumur tua ‘Binong’ di Jatisampurna Kota Bekasi, tepatnya di Kampung Kranggan Wetan, Warga mempercayai sumur Binong dapat membawa keberuntungan tersendiri. Konon kata warga, jika membasuh muka dan berdoa di sumur akan mendapat untung dan menjadi karismatik.
Itulah beberapa tempat dan situs keramat yang ada di kota Bekasi, mungkin bisa menjadi referensi bagi yang ingin berkunjung ke tempat tersebut, sebenarnya banyak tempat-tepat seperti ini yang terdapat di Bekasi, namun belum sempat tersentuh dan di kenali oleh masyarakat.