4 Feb 2013

Keindahan Segitiga Berlian Di Banyuwangi


Keindahan Segitiga Berlian Di Banyuwangi


Kota Banyuwangi tenyata menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Sunrise of Java alias Banyuwangi, Jawa Timur, tidak banyak yang tahu keindahannya. Adalah Segitiga Berlian yang menjadikan kecantikannya luar biasa.

"Banyuwangi dijuluki Sunrise of Java karena berada di ujung Pulau Jawa .Matahari terbit paling awal di sana," tutur Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Banyuwangi, selain dijuluki Sunrise of Java, juga dikenal memiliki Triangle Diamond atau segitiga berlian. Ini menjadi tiga titik pariwisata utama di kabupaten ini.

"Triangle Diamond terdiri dari Kawah Ijen, Pantai Sukamade, dan Alas Purwo," ujar Azwar. Pariwisata memang menjadi unggulan dari Kabupaten Banyuwangi, selain pertanian, UMKM, pendidikan, dan kesehatan.

"Pengembangan wisata kami berbasis kearifan lokal dan juga ecotourism karena kami diapit tiga taman nasional," imbuhnya.

Banyuwangi menawarkan keindahan Kawah Ijen dengan perkebunan kopinya, Pantai Sukamade yang indah dan terkenal sebagai tempat berkembang biak penyu, serta Alas Purwo yang memiliki Pantai Plengkung, dikenal sebagai pantai surfing terbaik di Pulau Jawa.

Kabupaten Banyuwangi selain menjadi perlintasan dari Jawa ke Bali, juga merupakan daerah pertemuan berbagai jenis kebudayaan dari berbagai wilayah. Budaya masyarakat Banyuwangi diwarnai oleh budaya Jawa, Bali, Madura, Melayu, Eropa, dan budaya lokal yang saling mengisi dan akhirnya menjadi tipikal yang tidak ditemui di wilayah manapun di Pulau Jawa.