9 Feb 2013

AWAL SEBAB PENYAKIT



1.Ada banyak sekali kejadian seseorang yang mengalami sakit / penyakit, yang sebenarnya penyebab awal sakitnya adalah karena masuk angin atau karena adanya pengaruh negatif mahluk gaib seperti kesambet atau ketempelan mahluk halus, atau juga karena pelet, guna-guna, teluh atau santet.

2.Sakit masuk angin, berat atau ringan, adalah kejadian biasa. Tetapi yang tidak diperhitungkan oleh banyak orang adalah akibat dari masuk angin ini bisa menyebabkan sakit lain yang lebih berat dan parah.

Tubuh manusia mempunyai suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk menolak benda-benda asing yang dianggap berpotensi merusak / membahayakan tubuh. Yang umum adalah dalam bentuk bersin-bersin, batuk-batuk, dan pengeluaran cairan tertentu sebagai upaya penolakan tubuh supaya benda-benda asing tidak diserap oleh tubuh.

Partikel di udara, asap knalpot, asap rokok, debu, udara dingin dan lembab, dan masuk angin pada hidung (hidung terasa dingin / beku), tenggorokan dan saluran pernafasan akan dideteksi oleh tenggorokan dan paru-paru sebagai benda asing, ancaman, sehingga tenggorokan dan paru-paru akan meradang dan mengeluarkan cairan untuk menolaknya supaya tidak terserap tubuh.

Di dalam tubuh manusia juga hidup banyak jenis bakteri, virus, amuba, jamur dan banyak macam parasit. Dalam kondisi sehat, keberadaan mahluk-mahluk kecil itu tidak menyebabkan manusia sakit, karena tubuh manusia mempunyai mekanisme untuk mengontrol perkembangan komunitas mereka. Tetapi ketika tubuh merasa "diserang", sehingga bagian-bagian tertentu tubuh menjadi sensitif dan meradang, suhu tubuh naik (demam) dan banyak mengeluarkan cairan, maka mahluk-mahluk kecil tersebut mendapatkan tempat yang 'kondusif' untuk berkembang biak. Ketika perkembang-biakan ini sudah mencapai jumlah yang banyak dan mereka aktif mencari "makan", barulah mereka menyebabkan sakit pada manusia. Dalam kasus ini, keberadaan mahluk-mahluk kecil tersebut di dalam tubuh manusia tidak menyebabkan manusia jatuh sakit, tetapi mereka akan memperparah kondisi sakit manusia setelah mereka berkembang biak.

Bila tubuh kita mendeteksi adanya benda-benda asing tersebut, biasanya akan segera, tanpa dapat kita kontrol sebelumnya, tubuh kita akan melakukan penolakan yang bentuknya bisa berupa bersin-bersin, batuk-batuk atau mengeluarkan cairan tertentu untuk menolak benda asing tersebut supaya tidak terserap oleh tubuh. Jadi, bersin-bersin, batuk-batuk dan pengeluaran cairan tersebut tidak selalu berarti kita sedang sakit, tetapi adalah upaya tubuh untuk menolak benda asing. Dalam hal pengeluaran cairan tubuh, bila kondisi kita semakin lemah dan memburuk, ditambah berkembangnya komunitas "mahluk-mahluk kecil" itu, maka tubuh akan kehilangan daya untuk mengontrol pertahanan tubuh, sehingga apapun yang masuk ke dalam tubuh, termasuk makanan, akan dapat dianggap sebagai ancaman, sehingga pengeluaran cairan itu akan semakin berlebihan.

Bila cairan yang dikeluarkan sudah banyak terakumulasi, di hidung akan menjadi ingus, di tenggorokan akan menjadi dahak dan di paru-paru sering disebut paru-paru basah yang menyebabkan seseorang sulit bernafas dan mudah tersengal-sengal, karena volume paru-paru yang seharusnya digunakan untuk memproses udara menjadi berkurang oleh keberadaan cairan tersebut. Keberadaan cairan itu juga menyebabkan banyak bakteri, virus, dsb, berkembang biak, sehingga ketika jumlahnya sudah banyak, menyebabkan manusia menjadi sakit flu, pilek, batuk, TBC, dsb, sesuai jenis kuman yang sebelumnya sudah ada.

Angin yang masuk ke dalam lambung pencernaan akan menyebabkan perut kembung dan kelenjar pankreas akan mengeluarkan getah lambung untuk menetralisir kondisi lambung, sehingga menyebabkan getah lambung berlebih. Getah lambung yang berlebih, karena sifat asamnya, dapat menyebabkan sakit maag (dinding maag terluka karena terkikis oleh asam lambung). Sering meminum minuman bersoda juga dapat menyebabkan dinding lambung terkikis dan terluka.

Bila kembungnya perut terlalu parah dan klep maag tidak juga membuka, maka kembungnya maag akan menekan ulu hati, jantung dan paru-paru. Manusia akan merasakan sakit dan sulit bernafas. Kondisi ini yang sering disebut  angin duduk  dan dapat mengakibatkan kematian.

Minum air putih hangat agak panas berguna untuk membuka klep lambung, sehingga udara di dalamnya dapat keluar dalam bentuk sendawa. Untuk mengobati perut kembung, sebaiknya jangan digunakan minuman bersoda, karena bila klep maag-nya tidak terbuka dan udara tidak bisa keluar, tambahan gas soda-nya justru akan memperparah keadaan. Kebiasaan meminum minuman bersoda juga akan merusak asam lambung, sehingga maag dan usus tidak dapat mencerna makanan dengan sempurna.

Usus yang mendeteksi adanya ancaman, misalnya masuk angin dan makanan pedas, akan mengeluarkan cairan untuk menolaknya supaya tidak diserap usus, yang kemudian menyebabkan manusia merasa mulas perutnya dan buang-buang air. Cairan perut berlebih juga dapat menyebabkan berkembang biaknya bakteri dan amuba di saluran pencernaan yang dapat berkembang menjadi diare dan disentri.

Bagi yang perutnya 'cengeng', biasanya gampang merasa mulas-mencret dan buang-buang air, terutama di pagi hari, karena malam harinya perutnya kembung. Ada terapi untuk membuat maag dan usus lebih kuat, tidak cengeng, yaitu dengan makan tape singkong atau mangga yang sudah matang selama beberapa hari atau beberapa minggu, dimakan setelah bangun tidur, sebelum sarapan. Tujuannya adalah untuk membuat maag dan lambung lebih kuat, tidak cengeng, tidak terlalu sensitif, tidak mudah sakit maag atau mulas buang-buang air.
Sistem pencernaan yang kurang baik juga dapat menyebabkan sari-sari makanan tidak terurai dengan baik, yang kemudian dapat menyebabkan penyakit asam urat dan kolesterol. Penyakit asam urat dan kolesterol terutama disebabkan oleh sistem metabolisme tubuh yang kurang baik, sehingga di dalam proses pembakaran energi tubuh banyak menyisakan sampah-sampah metabolisme berupa asam urat dan kolesterol.

Masuknya angin ke dalam darah bisa melalui penyerapan di usus atau melalui saraf leher bagian belakang. Bila masuknya angin melalui saraf di leher bagian belakang, biasanya badan akan mengeluarkan keringat dingin, kepala terasa berat, pusing / pening.

Bila masuk angin ini sampai masuk terserap ke dalam darah, maka di dalam darah akan terjadi gelembung-gelembung udara kecil dan dapat menyebabkan sakit di banyak tempat. Bila gelembung-gelembung udara ini cukup besar dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah di pembuluh darah, jantung dan otak (stroke).

Tidak seperti yang dibayangkan orang selama ini bahwa masuk angin hanya menyebabkan sakit flu dan pilek saja. Ada beberapa sakit-penyakit yang awalnya disebabkan oleh masuk angin, tergantung di bagian tubuh mana yang mengalami masuk angin.
- Masuk angin di bagian paru-paru dan saluran pernafasan dapat menyebabkan radang tenggorokan dan
  radang saluran pernafasan, hidung berlendir dan tenggorokan berdahak, flu, pilek, batuk, paru-paru basah,
  TBC, dsb.
- Masuk angin di bagian maag dapat menyebabkan perut kembung, mual, asam lambung berlebih, sakit
  maag, rusaknya sistem pencernaan dan angin duduk.
- Masuk angin di bagian usus atau saluran pencernaan dapat menyebabkan rusaknya sistem pencernaan,
  perut mulas, diare, disentri, buang-buang air, infeksi usus, radang usus buntu, dsb.
- Masuk angin di kepala dapat menyebabkan kepala terasa berat, pusing dan pening.
- Masuk angin di tulang belakang di bagian pangkal tengkorak dapat menyebabkan sakit persendian di
  seluruh tubuh dan sakit flu tulang.
- Masuk angin di tulang belakang di bagian tulang ekor dapat menyebabkan tulang, urat dan otot di seluruh
  tubuh terasa linu / ngilu.
- Masuk angin di bagian akar gigi dapat menyebabkan gigi ngilu.
- Masuk angin di dalam darah berupa gelembung-gelembung udara kecil dapat menyebabkan badan
  demam, panas dingin atau mengeluarkan keringat dingin, sakit persendian, otot dan urat terasa linu, kaki
  terasa dingin dan kesemutan, kepala terasa berat dan pusing, dsb.
- Masuk angin di dalam darah berupa gelembung-gelembung besar dapat menyebabkan penyumbatan
  pembuluh darah di seluruh tubuh, jantung dan otak.

Sebaiknya kita selalu menjaga supaya tubuh selalu fit dan sering memakan makanan yang banyak berbumbu rempah-rempah supaya badan selalu hangat. Bila kondisi tubuh kurang fit jangan lupa untuk meminum minuman hangat, vitamin C dan meminum obat tolak angin.

Sering mengkonsumsi vitamin C dosis ringan dapat membantu sistem metabolisme tubuh.  Vitamin C bekerja dengan cara menambah kemampuan tubuh dalam proses pembakaran energi, sel-sel tubuh lebih baik dalam proses pelepasan panas, sehingga tubuh terasa lebih hangat, sehat, segar dan berenergi dan juga membantu tubuh untuk tidak menyisakan sampah-sampah metabolisme seperti asam urat dan kolesterol. Vitamin C juga membantu metabolisme tubuh dalam menguraikan butiran-butiran angin di dalam darah menjadi gas yang lebih halus dan akan terlepas ke udara lewat paru-paru. Vitamin C juga membantu metabolisme dalam mengisolasi partikel-partikel berbahaya di dalam darah dan mengisolasi yang sudah terakumulasi di liver / hati, sehingga menjadi tidak berbahaya bagi tubuh.

Walaupun seringkali tidak dianggap berbahaya oleh dokter, sering mengkonsumsi Vit.C dalam dosis tinggi dapat mengakibatkan efek yang kurang baik bagi tubuh. Terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan pecahnya butir-butir sel tubuh, yang dalam kondisi parah dapat mengakibatkan tubuh terasa panas dan rusaknya sel-sel kulit atau pigmen kulit menjadi putih seperti kusta.

Penyakit kolesterol disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mencerna makanan berlemak dengan sempurna, sehingga menyisakan sampah-sampah metabolisme. Dalam percernaan, lemak diuraikan menjadi asam lemak. Seharusnya asam lemak itu bersifat jenuh, memiliki ikatan molekul yang kuat (kolesterol baik), sehingga setelah diserap oleh usus, asam lemak itu akan menyatu dengan lemak tubuh yang lain (menambah kegemukan). Tetapi kekurang-sempurnaan pencernaan menyebabkan asam lemak itu tidak terurai dengan baik, sehingga menjadi asam lemak tak jenuh, yang ikatan molekulnya lemah, sehingga tidak kuat menyatu dengan lemak yang lain, akan terlepas dari ikatannya dan beredar di dalam darah menjadi kolesterol jahat yang menyebabkan darah menjadi kental seperti bubur, memberatkan kerja pompa jantung, dan dapat menyebabkan suplai darah ke otak dan pembuluh-pembuluh darah kecil mengalir lambat atau bahkan tersumbat.

Makanan dan minuman coklat berguna untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Lemaknya baik untuk membangun energi tubuh, dan juga berguna untuk memperbaiki ikatan molekul lemak di dalam darah, sehingga lemak di dalam darah tidak menjadi kolesterol jahat, tetapi menjadi kolesterol baik dan akan menyatu dengan lemak tubuh yang lain, tidak beredar di dalam darah. Menurunkan kadar kolesterol jahat juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jus buah mengkudu (buah pace), atau mengkonsumsi rebusan daun mengkudu.

Perasan buah jeruk yang ditambahkan pada makanan daging dan berlemak, terutama yang berkuah seperti sop dan gulai, dapat membantu penguraian lemak di dalam pencernaan, mengurangi jumlah terjadinya asam lemak tak jenuh / kolesterol jahat.

Minuman panas dan teh manis panas berguna untuk memacu metabolisme tubuh, ditandai dengan tubuh terasa hangat dan mengeluarkan keringat panas. Sebaiknya dihindari meminum teh dari bahan teh tubruk ataupun teh celup yang lembab, dan juga tidak meminum teh / kopi yang sudah menginap satu malam atau sudah lebih dari satu hari. Minuman teh dan kopi yang sudah teroksidasi oleh udara malam dapat memberi efek melemahkan / merusak organ-organ dalam tubuh, seperti jantung, liver, ginjal, otak dan pankreas.

Kelenjar pankreas berfungsi menghasilkan getah lambung untuk pencernaan dan menghasilkan hormon insulin untuk mengendalikan tingkat kadar gula darah. Banyak meminum minuman manis tidak merusak pankreas dan tidak menyebabkan sakit gula / diabetus / kencing manis. Tetapi banyak memakan permen dan gula-gula kristal lainnya dapat membebani kerja pankreas.

Meminum teh / kopi yang sudah teroksidasi udara malam dapat melemahkan pankreas. Pankreas yang sudah lemah / rusak akan melemahkan kemampuannya menghasilkan getah lambung, sehingga sistem pencernaan menjadi tidak baik. Pankreas yang sudah lemah / rusak juga akan melemahkan kemampuannya menghasilkan hormon insulin, sehingga kadar gula darah menjadi tinggi dan dapat menyebabkan sakit diabetus / kencing manis.

Dalam mengobati sakit diabetus / kencing manis, obat-obatan kedokteran dan suntikan insulin hanya ditujukan untuk menurunkan kadar gula darah, tidak untuk menyembuhkan. Sebaiknya diupayakan juga pengobatan alternatif, seperti dengan tenaga dalam / prana, ramuan herbal atau pijat refleksi, untuk mengembalikan kondisi pankreas supaya kondisinya menjadi baik kembali, sehingga bila pankreas sudah dapat berfungsi kembali dengan baik, dapat menghasilkan insulin lagi dengan baik, maka tidak lagi diperlukan obat-obatan dokter untuk menurunkan kadar gula darah.

Pengobatan sakit ginjal dekat hubungannya dengan buah semangka merah berbiji.
Sakit gagal ginjal bisa dicoba disembuhkan dengan sering minum jus semangka (daging merahnya).
Jus ini tidak dianjurkan untuk yang menderita diabetus / kencing manis.

Sakit batu ginjal atau batu kandung kemih, bisa dicoba diobati dengan jus daging kulit semangka (bagian putihnya). Belilah satu atau beberapa buah semangka merah berbiji. Untuk pengobatan ini semua bagian putih dekat kulitnya dibuat jus. Minumlah dalam jumlah banyak, supaya batunya dapat hancur halus seperti pasir. Jika minum jus-nya sedikit dikhawatirkan batunya tidak akan hancur halus dan akan terasa sakit pada saat keluarnya melalui saluran kencing.
Batu ginjal atau batu kandung kemih juga dapat disembuhkan dengan cara yang sama dengan pengobatan santet, dengan cara memindahkan batunya ke dalam telur ayam, dsb.

Mineral garam yang berlebih di dalam tubuh seharusnya akan dikeluarkan bersama keringat (sehingga keringat menjadi asin), atau akan menumpuk menjadi kerak-kerak di pembuluh darah. Tetapi bila kondisi ginjal sudah kurang baik, mineral garam akan menerobos "saringan" ginjal dan akan mengendap / mengkristal menjadi batu ginjal atau batu kandung kemih. Renang, atau berendam di air sebatas leher, mandi sauna dan olah raga ringan yang teratur berguna sekali untuk menyehatkan tubuh dan membantu mengeluarkan gas-gas sisa pembakaran tubuh lewat paru-paru dan membantu mengeluarkan mineral garam berlebih bersama keringat.

Berendam di air sebatas leher juga berguna untuk mengobati sakit asma dan sesak nafas. Ketika kita turun ke dalam air untuk berendam di air sebatas leher, kita akan merasakan tekanan air pada tubuh kita. Karenanya untuk sesaat kita akan merasa dada agak sakit dan sulit bernafas. Tetapi beberapa saat kemudian rasa sakit di dada dan sulit bernafas tersebut akan berangsur-angsur hilang dan dada terasa lega, karena dada dan paru-paru secara alami akan menggembung melawan tekanan air. Itu adalah mekanisme alami tubuh untuk melawan tekanan air. Bila kegiatan berendam di air sebatas leher ini dapat dilakukan secara rutin, maka aktivitas ini akan menjadi terapi yang baik untuk sakit asma dan sesak nafas.


Tekanan darah rendah bisa berasal dari jantung yang lemah atau pembuluh darah yang terlalu lentur, yang dapat mengakibatkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh menjadi kurang lancar (alirannya lemah). Akibatnya suplai darah, oksigen dan zat-zat makanan ke seluruh organ tubuh menjadi kurang lancar dan dapat menyebabkan kerusakan banyak organ tubuh, kepala berat / pusing, stamina tubuh lemah dan mudah masuk angin. Orang yang tekanan darahnya rendah, bila sakit berat dapat menjadi komplikasi, karena banyaknya organ tubuh yang sudah rusak. Tekanan darah rendah juga dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami depresi (tekanan batin). Gangguan kesehatan dari tekanan darah rendah dapat diminimalisir dengan aktif beraktivitas / berolah raga, hidup bersemangat, dan memanfaatkan penggunaan rempah-rempah dalam makanan. Bubur ketan hitam dapat membantu menyehatkan jantung.

Tekanan darah tinggi biasanya berasal dari pembuluh darah yang mengeras, tidak lentur lagi, yang bisa disebabkan oleh usia tua atau banyaknya kerak-kerak di pembuluh darah. Banyaknya kerak-kerak di pembuluh darah dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah, jantung dan otak. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan saraf-saraf dan otot tegang, mudah emosi, mudah sakit maag, kepala pusing / pening. Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang halus, seperti di otak dan mata. Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami stress.
Gangguan kesehatan dari tekanan darah tinggi dapat diminimalisir dengan tidak terlalu aktif beraktivitas / berolah raga dan meminum obat pembersih darah, seperti untuk membersihkan asam urat dan kolesterol. Lebih baik lagi bila pembuluh darahnya dapat dilenturkan lagi / diremajakan, misalnya dengan pengobatan tenaga dalam murni / tenaga prana.

Bubur kacang hijau banyak mengandung karbohidrat dan vitamin E alami, sangat berguna membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel lama yang mati. Berguna untuk menjaga kesehatan atau dalam proses penyembuhan penyakit. Bubur kacang hijau juga berguna untuk membuat kulit tubuh dan wajah lebih sehat, bersih, cerah dan bersinar.

Banyak makan buah-buahan dapat menyehatkan tubuh, karena kandungan vitamin dan zat-zat lain di dalamnya. Tetapi buah-buahan yang sudah dijadikan minuman jus buah, kandungan vitaminnya akan hilang, tetapi berganti menjadi anti-oksidan yang berguna untuk membantu pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Apa yang dituliskan di atas adalah kejadian-kejadian yang bersifat alami duniawi manusia. Selain itu, ada juga kejadian penyebab awal suatu sakit penyakit yang disebabkan oleh pengaruh atau perbuatan mahluk halus terhadap manusia (misalnya dalam tulisan :  Pengaruh Gaib Thd Manusia).



-----------------


Bila anda mengalami suatu sakit / penyakit yang tidak sembuh oleh dokter, atau sembuh tetapi sering kambuh, jangan sungkan untuk mengupayakan cara pengobatan alternatif, seperti pengobatan dengan tenaga dalam / prana, ramuan herbal dan pijat refleksi. Atau mungkin dipertimbangkan mungkinkah sakitnya dipengaruhi oleh keberadaan sesuatu mahluk gaib dan cobalah untuk mengobatinya secara alternatif. Bisa juga dicoba untuk mandi dengan air rendaman daun kelor. Biasanya dilakukan terakhir sebagai bilasan mandi, dilakukan guyuran air dari atas kepala hingga basah seluruh tubuh.

Jenis mahluk gaib yang terpengaruh oleh air rendaman daun kelor ini hanyalah mahluk gaib tingkat rendah, seperti golongan dedemit kuntilanak dan gondoruwo, dan jin yang kekuatan gaibnya rendah, yang banyak digunakan untuk pelet dan guna-guna.


Pembersihan gaib dengan mandi rendaman daun kelor hanya berguna untuk bagian yang basah tersiram air tersebut. Bila keberadaan gaibnya tidak di dalam tubuh, misalnya di pojok kamar tidur, di ruang tamu, dsb, berarti dia tidak terpengaruh. Walaupun begitu, dengan siraman air itu kita bisa menetralisir pengaruh gaibnya terhadap tubuh kita. Bila mandi dengan rendaman daun kelor ini terasa memberikan efek yang baik untuk kita, maka kita bisa mengulanginya lagi secara periodik untuk menetralisir efek negatif dari sesuatu gaib. (Baca juga : Benda-benda Bertuah Lain ).

Catatan:  bila anda dengan sengaja memiliki susuk atau khodam pendamping, jangan melakukan mandi dengan rendaman daun kelor, karena mungkin akan menyebabkan susuknya hilang atau khodam pendamping anda pergi