6 Des 2013

Candi Gembirowati, Keindahan Tersembunyi di Bukit Kapur

candi gembirowati berada di desa girijati, kecamatan panggang, gunung kidul, Jogjakarta dan berada di sebuah bukit di pesisir pantai parangtritis.

candi gembirowati

candi gembirowati ini berbentuk 2 trap dengan hanya menyisakan bagian pondasinya saja. kurang jelas keagamaan candi ini apa, namun menurut cerita yang merebak tentang candi ini ialah candi ini dibangun oleh pengeran parangkusumo untuk membuat sebuah padepokan Pangeran dipokusuma mempunyai seorang anak gadis yang telah lama hilang. Beliau mempunyai beberapa anak buah, namun satu di antara anak buahnya itu terdapat gadis yang sangat cantik, yaitu Daruwati. Tanpa di sadari Pangeran Dipokusuma jatuh hati kepada Daruwati. Mereka saling mencintai sampai akhirnya Daruwati hamil. Pangeran Dipokusuma ingin menikahi Daruwati, akan tetapi tiba tiba terdengar berita bahwa Daruwati adalah anaknya yang telah lama hilang. Beliau sangat kaget dan merasa sangat malu terhadap apa yang telah di lakukannya. Akhirnya beliau pergi jauh meninggalkan Daruwati. Daruwati pun tak tahu kemana perginya Pangeran Dipokusuma. Beberapa bulan kemudian ada berita yang mengabarkan bahwa Pangeran Dipokusuma meninggal karena bunuh diri. Karena itulah candi ini belum terbentuk seluruhnya dan baru terbangun dua tingkat candi di atas bukit mata air dan di atas pohon- pohon besar. 

puncak candi yang kini sering dijadikan sebagai tempat menempatan sesaji

dibagian atas candi berbentuk sebuah batu tumpuk yang biasa di gunakan oleh beberapa orang untuk menaru bunga-bunga sesaji. dan yang unik dari candi ini ialah candi ini dipercaya sebagai candi untuk menyembah nyiroro kidul. persepsi tersebut di kaitkan dengan arah candi yang menuju ke selatan. berbeda dengan bangunan candi lainnya.

ukiran di dinding badan candi

dinding candi mempunyai ukiran balok bertanda plus/tambah dengan beberapa batu cadas di gunakan sebagai penyusun keharmonisan bentuk, kemungkinan karna susahnya membuat pahatan relief di situs candi ini.

candi gembirowati yang berada di bukit di pesisir pantai parangtritis


medan untuk menuju situs candi ini cukup susah dijalani, sebab jalan pada ruas menuju bukit tempat dimana candi ini berada jalannanya terbut dari batu cadas belum lagi terdapat tanah-tanah basah dan becek yang membuat warga dan pengunjung yang hendang mengunjungi situs candi ini perlu berhati-hati untuk bisa sampai di situs candi ini.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..