5 Des 2013

tempat wingit diyogya

Tempat-tempat Angker di Seantero Yogya

Agan-agan pasti pernah ke Yogyakarta, kota yang banyak mempunyai obyek wisata budaya dan warisan nenek moyang ini terkenal istimewa, romantis, dan penuh cinta. Siapapun yang pernah ke Yogya pasti bilang kepingin kembali lagi.

Banyak hal tentang Yogya yang ternyata belum banyak yang tahu. Keraton, Taman Sari, Malioboro, Alun-alun, Candi Prambanan itu sudah biasa. Tapi apakah agan-agan sekalian mengetahui tempat-tempat angker yang bertebaran di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta?

Ingat ini thread yang tidak disarankan bagi yang penakut!

1. Keraton Yogya
Tempat tinggal Sultan Yogya ini mempunyai arsitektur bangunan yang amat indah. Pilar-pilarnya dan ukiran-ukiran di pelosok area keraton membuatnya terlihat anggun.

Keindahan dan keanggunan Keraton akan terasa mendadak lenyap apabila kita mendatanginya pada malam hari. Hanya beberapa abdi dalem yang berjaga dan melintas membuat Keraton terasa sakral. Konon, tempat di dalam Keraton yang dianggap angker adalah lokasi di sekitar Bangsal Proboyekso yang terletak di belakang Bangsal Kencono yang merupakan tempat penyimpanan pusaka-pusaka Keraton. Berani jajal?




Ada yang berani kesini gan?

Konon di tempat tersebut ada makhluk bukan manusia yang menjaganya. Para abdi dalem menceritakan bahwa kerap terlihat penampakan sepasang mata raksasa disitu.
Nah itu salah satu keanehan di Keraton

2. Benteng Vredeburg
Ini adalah benteng peninggalan Belanda. Nah, salah satu bangunan di dalam benteng oleh warga setempat disebut sebagai "Loji Setan". Di tempat tersebut para pengunjung kerap terdengar suara rintihan kesakitan dan jeritan minta tolong. Orang-orang sering menganggap itu adalah suara para tawanan Belanda yang disiksa.




Bagian depan benteng Vredeburg...ternyata dalamnya seram,

Selain itu, di bagian sebelah timur aula tengah Benteng Vredeburg kerap terdengar alunan suara musik tradisional khas Belanda.

3. Gereja Gothic Sayidan
Bangunan yang terletak di Gondomanan ini berarsitektur khas gothic dengan salib-salib di bagian menara dan patung Yesus yang tengah menunjuk ke arah Keraton.




Berani liat bagian dalamnya gak, gan?

Menurut cerita orang yang pernah masuk ke dalamnya, didalam gereja yang dari luar saja sudah membuat merinding, terdapat ruang bawah tanah, lorong-lorong panjang yang kotor dan becek dan altar. Seram gan!

Mari kita persingkat ke salah satu yang paling seram yaitu Pesanggrahan Ambarukmo. Sekarang tempat ini sudah gak ada karena diatasnya dibangun Ambarukmo Plaza (Amplaz). Tempat ini adalah tempat keramat Keraton. Ada istal (kandang kuda), kebun kerajaan, dan kolam keramat.




Ini salah satu bagian Pesanggrahan Ambarukmo

Nah, banyak orang yang pernah ke Ambarukmo Plaza mendadak melihat penampakan-penampakan seperti hantu di atas toilet lantai 1. dan pada tahun 2010 kemarin terlihat penampakan di Basement yang membuat kehebohan parah.

Belum lagi Jalan Layang Janti  khususnya di bagian ujung yang mengarah ke Prambanan, dan beberapa lagi...ngeri ngebahasnya. Mohon maaf kalau bikin takut..