26 Sep 2013

makna Keris Tindih

Salah satu jenis keris yang biasa dipakai untuk meredam kekuatan keris yang lain agar tidak menyerang atau membahayakan pemilik keris dan keluarganya .

Kepercayaan yang ada dimasyarakat bahwa mereka belom merasa aman memiliki bebrapa keris jika belom memeiliki keris tindih. Keris yang biasa dijadikan tindih adalah keris-keris tangguh Tua dan biasanya berdapur Bethok.
Dari pengalaman Kolektor bahwa keris tindih itu tidak harus bertangguh Kuno (Budo / Singasari) tapi bisa juga tangguh2 setelah tangguh tersebutnya. Perlu dimengerti terlebih dahulu bahwa keris tindih ini berfungsi untuk melindungi diri pemilik keris dan keluarganya dari mara bahaya, tidak hanya dari keris tapi juga dari unsur-unsur negatif yang lain
Nah kalau Keris bethok tidak ada Bisa menggunakan tindih Keris yang lain Misalnya :

1. Keris /tombak/pedang dengan pamor Wengkon, atau pamor tejo kinurung
2. Keris /tombak/pedang dengan Pamor Kelengan
3. Keris dengan pamor yang lain yang memiliki tuah untuk perlindungan diri pemilik keris dan keluarganya
4. Keris dan Tombak dengan Dapur Khusus ang berfungsi untuk perlindungan sebagai contoh Tombak Banyak Angrem

Kenapa berpamor wengkon yang dipilih ?


Karena pamor wengkon ini memiliki memiliki perlambang tuah untuk melindungi pemilik keris dan keluarganya dari mara bahay, dan pamor ini tidak memilih artinya setiap orang dapat cocok memilikinya.

Kenapa berpamor kelengan yang dipilih ?

Karena Keris Kelengan adalah keris yang memiliki perlambang untuk menambah kebijaksanaan dari pemilik keris, apapun amarahnya kalau bertemu dengan kebijaksanaan akan luluh juga. Namun pamor ini bersifat pemilih.


Semoga bermanfaat

dari berbagai sumber