1 Mei 2014

Ada Lempeng Emas di Situs Candi Sleman

EmasLempengan emas ukuran 2 sentimeter, semacam peripih, guci kecil dari tanah liat, dan sebuah periuk kecil ditemukan di situs candi yang ditemukan di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. “Kami masih mendalami temuan itu, masih dugaan, itu peninggalan Mataram Hindu,” kata Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta Tri Hartono. “Tetapi (kesimpulan) tepatnya nanti kalau sudah diteliti.”
Tukang bangunan di Perumahan Tiara Indah, Bedingin, Sumberadi, Mlati, Sleman, menemukan bebatuan candi saat menggali lubang septic tank. Ekskavasi bebatuan yang diduga batu candi peninggalan Kerajaan Mataram Hindu itu akan dilakukan hingga 21 November 2013. Selama ini sudah ditemukan sebanyak 26 batu dan enam batu bata berbagai ukuran.

Untuk menjaga batu-batu yang sudah ditemukan itu, barang temuan diamankan di kompleks kantor Komando Rayon Militer (Koramil) Mlati, sedangkan periuk kecil diamankan di kantor BPCP.
Ia menambahkan, di dusun itu memang sejak dulu sering ditemukan batu-batu blok yang diduga merupakan bangunan candi. Batu-batu temuan banyak disimpan di kompleks Koramil. “Ada temuan struktur candi, tetapi belum tahu persis seperti apa karena masih awal,” kata Tri.
Setelah ekskavasi selama 10 hari, tim kantor Balai akan mengkaji temuan itu. Untuk tindakan setelah ekskavasi, kata Tri, masih menunggu kajian-kajian mendalam.